Pages

Friday 27 March 2015

Proses Pembuatan Ban Goodyear

Mencampur Bahan-bahan dasar termasuk warna, bahan kima, dan hingga 30 macam karet yang berbeda-beda di campur dalam blender raksasa dinamakan mesin Banbury, dijalankan dalam panas dan tekanan tinggi. Dengan mencapur berbagai bahan menjadikannya berwarna hitam, dilakukan terus secara berulang-ulang. Menggiling Karet mentah di proses kedalam cetakan khusus dan dilakukan melalui mesin berjalan. Mesin ini menyiapkan bahan campuran yang diteruskan ke mesin khusus yang membentuk semacam strip yang akan menjadi tepi samping, tapak atau bagian2 lain dari ban. Beberapa jenis karet digunakan untuk melapisi bagian dari ban tersebut. Berbagai macam bahan digunakan seperti polyester, rayon atau nilon. Hiasan Bahan lain, berbentuk seperti lapisan kembang, disebut hiasan. Ini akan menyatukan roda dengan bagian pelek. Lapisan Berikutnya adalah senar, terbuat dari dua buah lapisan. Kemudian sepasang strip digosokan sebagai penambah, untuk menyatukan saat dipasang pada mobil. Tapak Proses berikutnya adalah menambahkan kawat yang akan menahan/mencengkeram dengan kuat. Tapak adalah bagian terakhir dalam pembuatan ban. Setelah proses otomatis menekan seluruh bagian ban dengan kuat, disebut ban hijau, siap untuk disempurnakan dan di cek ulang. Penyempurnaan Penyempurnaan dilakukan dengan menekan ban agar terbentuk dengan baik dan tapak sempurna. Pencetak panas membentuk dan menyempurnakan ban. Pencetak berisi bentuk tapak, dinding samping bertanda produksi dan hal-hal yang harus dilakukan sesuai peraturan. Ban disempurnakan dalam keadaan panas 300 derajat selama 12 hingga 25 menit, tergantung dari ukurannya. Pengecekan Bila terjadi kesalahan produksi, ataupun hal-hal lain yang kurang sempurna sekalipun hanya goresan kecil, akan ditolak. Beberapa ketidak sempurnaan di temukan oleh tenaga professional dengan teliti ; beberapa diantaranya dilakukan dengan bantuan mesin. Pengecekan bukan hanya pada permukaan saja. Namun beberpa produk juga di nyatakan gagal setelah melalu proses sinar X untuk mendeteksi kesalahan yang tersembunyi ataupun kelemahannya. Tenagan berpengalaman akan segera memotong ban gagal produksi menjadi 2 untuk di pelajari kegagalannya yang akan berakibat pada penampilan, keamanan dan kenyamanan.

No comments:

Post a Comment